Kaligrafi Allah SWT, untuk Marissa Haque Ikang Fawzi

Kaligrafi Allah SWT, untuk Marissa Haque Ikang Fawzi
Kaligrafi Allah SWT, untuk Marissa Haque Ikang Fawzi

Emel, Media Islam, Ikang Fawzi & Marissa Haque

Emel, Media Islam, Ikang Fawzi & Marissa Haque
Emel, Media Islam, Marissa Haque & Ikang Fawzi

Haji Pertama Ikang Fawzi dan Marissa Haque, 1993, Mekah

Haji Pertama Ikang Fawzi dan Marissa Haque, 1993, Mekah
Haji Pertama Ikang Fawzi dan Marissa Haque, 1993, Mekah

Sabtu, 03 Maret 2012

Marissa Haque: Ribuan Makanan Halal di Tangerang Selatan tidak Bersertifikat

Foto: aripack.com Jakarta

Sumber: http://www.tangselmedia.com/2012/02/makanan-beku-sukses-di-sektor-halal.html




Produk-produk makanan beku semakin meningkat akibat pengaruh pasar halal yang semakin bertumbuh pesat. Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Makanan Irlandia.

Menurut Hannah Duffy dari kantor Paris Office of Bord Bia - Badan Makanan Irlandia, kini produk-produk beku menjadi makin meningkat seiring dipengaruhi oleh tumbuhnya pasar halal. Pada tahun 2010 lalu, Symphony IRI menerbitkan temuannya dalam penelitian pertamanya terhadap dampak dari perkembangan produk halal di supermarket dan hypermarket Perancis. Dimana dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sebesar 25% dari sektor tersebut.

Setahun kemudian, penelitian terbaru mereka mengambil kesimpulan, meski laju pembangunan melambat tetapi kategori halal masih sangat signifikan dengan rata-rata pertumbuhan produk halal sekitar lebih dari 10.5%.

Secara keseluruhan, turnover tahunan untuk produk halal yang dijual di berbagai pejual retail terjadi peningkatan sebesar 9% di tahun 2011 dan mencapai estimasi sekitar 157 juta euro sedangkan kisaran produk yang ada tumbuh sebesar 22%.

Jumlah 10% dari pertumbuhan secara keseluruhan di pasar halal jelas-jelas dipicu oleh kategori makanan beku. Produk bahan-bahan seasoning sendiri jumlah perkiraannya sebesar 31 juta (meningkat 12 persen). Makanan beku adalah salah satu kontribusi terbesar dari pertumbuhan penjualan. Kini penjualanan camilan halal dan pizza beku mencapai 19%, hanya selangkah dibelakang makanan yang siap konsumsi yang hanya meningkat sebesar 20% saja.

Dalam distribusi penjualannya, produk halal kini terlihat lebih sukses di hypermarket. Penjualan tercatat mencapai 80% dibanding produk biasanya yang hanya mencapai 62%. Bagaimanapun supermarket-supermarket menyadari adanya potensi dari produk beku ini, terutama jika mereka ingin melakukan perluasan produk dan menjauhi promosi diskon.

Dengan enam juta konsumen diperkirakan Muslim di Perancis, keberhasilan meningkatnya produk beku di sektor halal merupakan prospek yang menarik bagi eksportir Irlandia. Selain itu juga menguntungkan dalam hal distribusi. Kini produk halal beku dapat menawarkan logistik lebih mudah dan lebih murah harganya.

(dev/dev)

UI FISIP & PSKTTI, Isabella Chikita &Fawzi, Marissa Haque & Ikang Fawzi.jpg

UI FISIP & PSKTTI, Isabella Chikita &Fawzi, Marissa Haque & Ikang Fawzi.jpg
UI FISIP & PSKTTI, Isabella Chikita &Fawzi, Marissa Haque & Ikang Fawzi.jpg